Selasa, 08 November 2011

"ASEAN Community in a Global Capitalism Community of Nations"

ASEAN SUMMIT KE-19 di Bali tanggal 17-19 November 2011:
"ASEAN Community in a Global Capitalism Community of Nations"

Pada tanggal 14-19 November akan diadakan rangkaian ASEAN Summit ke-19 yang diadakan di Bali, Indonesia. Ini KTT kedua kalinya pada tahun ini setelah bulan Mei 2011 diselenggarakan di Jakarta yang sekaligus juga menjadi Ketua ASEAN. ASEAN Summit ke-19 akan diadakan pada tanggal 17 November 2011; lalu ASEAN+3 Summit pada tanggal 18 November 2011, dan terakhir pada tanggal 19 November 2011 akan diadakan East Asia Summit. Ini adalah perhelatan penting karena hampir seluruh negara penting dunia hadir, yaitu China, India, Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, AS, Russia dan 10 negara ASEAN, di tengah-tengah ancaman akan terjadinya krisis global kembali. Termasuk yang hadir adalah presiden AS Barack Obama, presiden Russia Dmitry Medvedev dan Sekjen PBB Ban Ki-Moon. Tema yang diusung oleh Indonesia sebagai ketua ASEAN pada KTT ke-19 ini adalah "ASEAN Community in a Global Community of Nations".
Adapun rincian pertemuan-pertemuan yang mendahuluinya serta berbagai KTT di dalamnya adalah sebagai berikut:
12-14 November 2011
Pertemuan Persiapan tingkat pejabat tinggi (Senior Official Meetings/SOM)
12 November
ASEAN SOM Working Group
13 November
Committee of the Permanent of Representatives
14 November
Senior Official Meeting (SOM)
15-16 November 2011
Pertemuan Persiapan tingkat Menteri
15 November
Pertemuan tingkat Menlu
16 November
ASEAN Political Security Community Council
Preparatory Meeting of ASEAN Economic Ministers Meeting
ASEAN Coordinating Council
ASEAN Supreme Audit Institutions Summit
16-19 November
ASEAN Business and Investment Summit
17 November 2011
KTT ASEAN ke -19
18 November 2011
KTT ASEAN+3

KTT ASEAN-China

KTT ASEAN-Jepang

KTT ASEAN-Korea Selatan

KTT ASEAN-AS
19 November 2011
KTT Asia Timur

KTT ASEAN-PBB

KTT ASEAN-India

Penutupan KTT

Dalam KTT ini ASEAN akan menyepakati dokumen Bali Concord III atau ‘Bali Declaration on the ASEAN Community in a Global Community of Nations’. Dokumen-dokumen lain yang akan diadopsi oleh para kepala negara diantaranya adalah ASEAN+3, ASEAN Community Regional Cooperation, Comprehensive Partnership antara ASEAN dengan PBB, Guiding Principle on East Asia Summit, dan dokumen lainnya untuk ASEAN Connectivity.             

Apa respons kita menghadapi ini? Jangan lupa Barack Obama akan hadir dalam pertemuan launching FTA ASEAN-AS tanggal 18 November. Juga akan hadir dalam Asia Timur Summit tanggal 19 November. Jadi pastinya akan dijaga super ketat. Yang jelas tidak ada perwakilan masyarakat Asia Tenggara disana, tetapi yang jelas ada ASEAN Business and Investment Summit tanggal 16-19 November. Jadi yang diutamakan memang adalah kaum pebisnis dan korporat. Ini sebenarnya sangat terkait dengan rezim baru ASEAN, yaitu AEC (ASEAN Economic Community) yang sepenuhnya dalam kerangka RPG (Rantai Pasokan Global) dalam melayani Kapitalisme Global mutakhir.

Herannya justru yang disebut Civil Society di Asia Tenggara tidak akan mengadakan lagi ACSC/APF (ASEAN Civil Society Conference dan ASEAN People’s Forum) yang seharusnya ada. Ini karena buntut dari kesemrawutan ACSC/APF sebelumnya di Jakarta pada ASEAN Summit ke-18 yang memang dikuasai LSM dan “tokoh-tokoh” LSM yang dekat dengan pemerintah dan yang tidak transparan serta tidak jelas, kecuali melihatnya sebagai proyek. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar